Photobucket

Sabtu, 27 Februari 2010

Diner Dash

Siapa sih yang ga tau tentang game ini, game keluaran PLAYFIRST pada tahun 2004, quwh pertama kali mainin game ini waktu SMA kelas 1 rasanya penasaran banget kalau belum bisa menyelesaikan permainnya. Walaupun sekarang kayanya game ini udah basi banget buat di bahas di blog_quwh cuma menurut quwh game ini paling simple untuk dibahas dibandingkan game-game yang quwh tau lainnya.
(sebenernya si cari simplenya aja,,,hehehee).

Yuuuuuuu capcuuuuuuzzzzzzz…………………




Game ini menceritakan seorang karyawan yang bernama flo, ia sudah bosan dengan pekerjaanya dikantor, suatu hari dimana ia mendapatkan begitu banyak laporan pekerjaan dimeja kantornya, ia mencoba berusaha lari dari semua masalah itu, tiba-tiba ia menemukan sebuah restaurant yang sudah tidak layak dipakai dijual oleh pemiliknya, maka ia mencoba beralih profesi menjadi pemilik restaurant dengan cara membelinya.



Pada hari pertama ia hanya memiliki empat buah kursi yang harus digunakan secara bergantian, pelanggan pertama ialah pelanggan remaja putri yang sifatnya baik, sabar dan suka memberikan tips yang cukup banyak.

Pertama yang harus dilakukan adalah meletakan sang pelanggan pada kursi-kursi yang tersedia, setelah itu biyarkan pelanggan tersebut memilih menu pesanannya, jika mereka telah selesai memilih pesanannya maka mereka akan mengancungkan tangannya lalu flo harus mengambil daftar menu tersebut setelah itu letakan daftar pesanan tersebut pada tempat yang telah disediakan, maka pesanan tersebut akan dibuatkan oleh chef yang telah bekerjasama dengannya, jika pesanan telah selesai maka flo wajib segera memberikan pesanan tersebut kepada pelanggan yang bersangkutan, jika pelanggan yang ada lebih dari satu kelompok maka disetiap meja yang telah diisi oleh pelanggan akan terdaftar atau akan muncul nomer urut secara otomatis, maka flo wajib memberikan pesanan makanan tersebut sesuai dengan nomer urut yang ada. Jika pelanggan tersebut telah selesai makan maka mereka akan mengancungkan tangan mereka dan flo harus menyerahkan tagihan kepada mereka jika mereka puas dengan layanan yang telah flo berikan maka mereka akan memberikan flo tips, setelah itu flo harus membereskan meja yang telah digunakan tersebut setelah itu letakkan piring kotor pada tempat yang telah disediakan yaitu dibagian pojok kanan.

Didalam permainan ini terdapat lima buah restaurant yang nantinya akan digunakan pada flo, tetapi restaurant-restaurant tersebut hanya dapat dimainkan ketika kita dapat memenuhi atau menyelesaikan semua level di masing-masing restaurant tersebut yaitu sebanyak sepuluh level, setiap restaurant memiliki kesulitan masing-masing sesuai dengan tingkatannya itu sendiri. semakin naik levelnya maka pelanggan yang mesti dihadapipun semakin sulit. Berikut ini adalah daftar tingkatan pelanggan mulai dari yang termudah hingga tersulit beserta sifat masing-masing pelanggan:
1. Young Lady
ramah, suka memberi tips cukup banyak dan cukup sabar
2. Kindly Senior
sangat sabar dalam mengantri tempat duduk tetapi membutuhkan waktu yang lama untuk memesan makanan dan bukan pemberi tips yang baik
3. Business Woman
pemberi tips yang sangat baik atau suka memberikan tips yang banyak tetapi bukan pelanggan yang sabar dalam segala hal
4. College Student
pemberi tips yang baik tetapi bukan pelanggan yang sabar dalam mengantri dan suka berlama-lama dimeja makan
5. Mr. Hot Shot
Pemberi tips yang baik, memiliki kesabaran saat mengantri tetapi tidak memiliki kesabaran ketika memesan makanan.
6. The Restaurant Critic
pelanggan VIP, ia akan memberikan flo atau anda sebuah STAR jika dia meninggalkan restaurant dengan senang hati, star berguna sebagai nyawa anda dalam permainan ini, jika anda dapat mengumpulkan banyak star maka nyawa anda akan berjumlah sama dengan banyaknya jumlah star tersebut. Jika semua star telah digunakan maka permainan berakhir.

Setiap pelanggan memiliki batas jumlah kesabaran paling banyak masing-masing sepuluh dalam bentuk LOVE atau hati, tetapi pada awalnya masing-masing pelanggan hanya memiliki enam buah love yang nantinya dapat bertambah bahkan berkurang sesuai dengan kesabaran masing-masing, jika pelanggan merasa kecewa maka kesabaran pelanggan tersebut akan berkurang satu persatu dan jika pada akhirnya kesabaran atau love yang ada telah habis maka pelanggan tersebut akan menghilang atau pergi dengan sendirinya maka nilai anda akan dikurangi sebesar $750.

Terdapat beberapa fasilitas yang nantinya akan diberikan kepada flo untuk menambahkan restaurantnya yang tentunya memiliki fungsi untuk masing-masing pelanggannya tersebut, berikut adalah beberapa fasilitas tersebut:
1. Chair
kursi ini dapat digunakan untuk seluruh pelanggan yang ada
2. Coloured Chair
kursi ini pun dapat digunakan untuk seluruh pelanggan, tetapi apabila anda meletakkan pelanggan dengan warna baju yang sama dengan kursi tersebut maka anda akan mendapatkan point $100 dan dikalikan dengan jumlah pemakaian kursi tersebut, contonya jika pelanggan berwarna biru diletakan dengan kursi yang berwarna biru pula maka nilai anda akan diberikan point $100x1, jika kursi yang berwarna biru telah digunakan oleh pelanggan biru sebanyak lima kali maka anda akan mendapatkan point sebanyak $100x5.
3. Ticket Station
Tempat untuk meletakkan daftar pesanan
4. Dirty Plate Rack
Tempat untuk meletakan piring yang telah digunakan
5. Drink Station
Jika flo memberikan minuman ke pada pelanggan maka tingkat kesabaran pelanggan atau love tersebut akan bertambah sebanyak tiga buah love tetapi minuman ini hanya berlaku untuk pelanggan yang sudah mendapatkan tempat duduk
6. Podium
Jika flo menuju ke podium ini setelah itu tunggu hingga gambar hati yang terdapat pada podium ini penuh maka seluruh pelanggan yang sedang mengantri akan senang dan love masing-masing akan bertambah sebanyak tiga buah love tetapi podium ini hanya berlaku untuk pelanggan yang sedang mengantri tidak berlaku bagi yang telah mendapatkan kursi.

7. Snack Station
Jika pelanggan memesan snack ini maka segeralah flo mengantarkan pesanan ini jika tidak maka pelanggan tersebut akan kecewa, maka love yang ada akan berkurang.
8. Performer
Seorang pekerja hiburan (badut) yang akan menghibur para pelanggan yang sedang mengantri tempat duduk.
9. Stereo System
Alat untuk menghibur para pelanggan yang sedang menunggu pesanannya dimeja.
10. Oven
Membuat pesanan jadi lebih cepat.
11. Running Shoes
Membuat flo berjalan lebih cepat.

Untuk menyelesaikan permainan ini anda diwajibkan mengumpilkan point yang telah ditentukan disetiap tingkatannya, jika point yang anda kumpulkan lebih dari target yang diwajibkan maka anda akan mendapatkan tanda bintang pada map flo’s career, tetapi apabila anda tidak dapat mencapai target yang diwajibkan maka anda harus mengulangi tingkatan tersebut hingga anda berhasil memenuhi target. Tetapi ingat jika star atau nyawa yang tersisa habis maka permainan anda akan berakhir.


KELEBIHAN DAN KEKURANGAN GAME
Menurut saya ada beberapa kekurangan dan kelebihan pada permainan ini, diantaranya yaitu

1. KELEBIHAN
 Permainannya simple tetapi membuat kita penasaran jika belum bisa memenuhi target
 Gambarnya menarik
 Jika kita meletakkan pelanggan sesuai dengan warna kursi maka kita mendapatkan point lebih

2. KEKURANGAN
 Karyawan pada flo’s restaurant hanya Satu
 Waktu yang diberikan hanya sebentar
 Jika kita tidak dapat mencapai target yang telah ditentukan maka kita akan mengulangi tingkatan yang sama atau permainan berakhir
 Restaurant yang disediakan hanya sedikit

Penulisan artikel ini sengaja quwh buat untuk menyelesaikan tugas pengantar teknologi game quwh, semoga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkannya yaa, apabila ada kesalahan pada artikel diatas mohon masukannya, terimakasih. (^_^)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar