Photobucket

Senin, 22 Februari 2010

review film I.Robot


Film ini mengisahkan tentang dunia pada tahun 2035 yang dihuni oleh manusia dan robot, robot ini diciptakan oleh perusahaan yang bernama USR yang berfungsi untuk membantu kegiatan-kegiatan. Apapun yang dapat dilakukan oleh manusia dapat dikerjakan juga oleh robot tersebut karena robot tersebut diciptakan persis dengan bentuk manusia itu sendiri.


Robot ini diciptakan oleh Professor Lanning sejak tahun 2020, robot yang pertama diciptakannya yaitu robot Nestro-class 1 dan robot yang terakhir adalah Nestro-class 5 yang diciptakan pada tahun 2035.

Suatu ketika dikabarkan bahwa Prof.Lanning telah meninggal akibat bunuh diri dengan cara meloncatkan diri dari lantai 10 (ruangan kantornya),

Kemudian kematian Prof. Lanning mengundang tanda tanya seorang detektif yaitu Detektif Spooner, detektif spooner mencoba menyelidiki kematian Prof. Lanning yang menurutnya tidak mungkin bunuh diri. Ia mencoba berkomunikasi dengan proyektor hologram milik Prof. Lanning yang dirancang khusus untuk menjawab semua pertanyaan -ertanyaan tentang dirinya yang sebelumnya diprogram terlebih dahulu oleh Prof. Lanning yang mengakibatkan tidak semua pertanyaan dapat dijawab olehnya, salah satunya pertanyaan detektif Spooner tentang kematiannya.

Setelah itu detektif Spooner mencoba menyelidikinya sendiri tanpa bantuan proyektor hologram, ketika ia mencoba menyelidiki ruang kantor Prof. Lanning yang ditemani oleh Dr. Calvin, ia menemukan sebuah robot yang ternyata tidak dapat dikendalikan oleh manusia, robot tersebut dapat mengendalikan dirinya sendiri.

Detektif Spoon mengira robot tersebutlah yang membunuh Prof. Lanning, maka robot tersebut ditangkap dan diamankan. Ketika robot tersebut diintrogasi oleh pihak kepolisian ia tidak mengakuinya behwa dialah yang telah membunuh Prof. Lanning bahkan ia pun sempat marah, robot tersebut diberi nama oleh Prof. Lanning yaitu Sonny, Sonny tidak hanya dapat merasakan amarah tetapi dia juga dapat merasakan sakit, sedih dan juga bahagia layaknya manusia, dia pun dapat bermimpi ketika ia sedang tertidur, tidak semua robot di program oleh Prof. Lanning agar bisa merasakan emosi manusia, hal ini hanya di lakukan kepada Sonny, Sonny adalah salah satu robot series terbaru yaitu NS-5S atau Nestro class 5.

Sonny diamankan oleh Dr. Calvin untuk di identifikasi terlebih dahulu, ketika semua telah menyangka bahwa Sonny lah pelaku pembunuhan tersebut maka Dr. Calvin ditugaskan untuk me-non aktifkan Sonny dengan cara memberikan NANITES pada otaknya. Tetapi hal itu tidak dilakukan oleh Dr. Calvin karena dia yakin bahwa bukan Sonny lah yang membunuh Prof. Lanning, karena menurutnya Prof. Lanning sengaja menciptakan Sonny dengan tujuan tertentu.

Tiba-tiba seluruh robot NS-5S memberontak dari pemiliknya, meraka mencoba menyerang sang pemilik (manusia), bahkan mereka pun menyerang robot seri sebelumnya yaitu NS-4S, robot NS-4S diciptakan sebagai robot pembantu, yang sebelumnya digantikan oleh robot NS-5S, robot-robot NS-4S yang telah digantikan atau yang tidak terpakai dikumpulkan.

Robot-robot NS-5S pun menyerang ke kepolisian, sedangkan detektif Spooner, Dr. Calvin dan Sonny menerobos masuk ke keamanan USR. Setelah diselidiki ternyata robot-robot tersebut menyerang manusia karena diperintahkan oleh VIKI (Virtual Interactive Kinetic Intelligenci), VIKI adalah program yang diciptakan untuk memprogram seluruh robot-robot NS-5S.

VIKI tidak dapat dimatikan hanya dengan me-non aktifkan seluruh program karena dia dapat memprogram dirinya sendiri, maka VIKI hanya dapat dimatikan dengan cara memberikan cairan NANITES pada inti programnya. VIKI melakukan pemberontakan tersebut karena menurutnya manusia diciptakan untuk melindungi dirinya sendiri bukan untuk dilindungi oleh mereka (robot). Setelah VIKI berhasil di non aktifkan dengan cara tersebut maka seluruh robot NS-5S sudah kembali normal, setelah itu seluruh robot dibebaskan dari pekerjaannya.

Dan ternyata Prof. Lanning meninggal dunia karena dibunuh oleh Sonny atas permintaanya sendiri agar para robot yang diciptakannya dapat hidup bebas.


INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

Pada film ini banyak sekali terdapat interaksi manusia dan komputer, diantaranya :
1. interaksi antara manusia (sang pemilik) dengan robot pembantu (NS-4S), ketika seorang ibu meminta robotnya untuk mengambilkan alat bantu pernapasannya yang tertinggal dirumah lalu robot tersebut menyerahkannya kepada pemiliknya (ibu).
2. interaksi antara Dr. Calvin dengan VIKI, ketika Dr. Calvin memerintahkan VIKI untuk menjalankan program maka VIKI menjalankan programnya tersebut.
3. interaksi antara Dr. Calvin dengan Sonny, ketika Dr. Calvin mencoba memasukkan cairan NANITES kedalam otaknya Sonny
4. interaksi antara Detektif Spooner dengan proyektor hologram, ketika Detektif Spooner memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada proyektor hologram milik Professor Lanning, kemudian proyektor tersebut menjawabnya.
5. interaksi antara Dr. Calvin dengan Komputer, ketika Dr. Calvin memasuki ruangan dengan cara memasukan kode kedalam Komputer tersebut agar dapat membukakan pintu.
6. interaksi antara Detektif Spooner dengan Komputer, ketika Detektif Spooner mencari data tentang Professor Lanning pada Komputer tersebut maka computer tersebut memberikan data yang dibutuhkan oleh Detektif Spooner.
7. interaksi antara Detektif Spooner dengan Sonny, ketika Detektif Spooner mencoba menangkap Sonny ketika ia melarikan diri.
8. interaksi antara Lawrence Robertson (sang pemilik perusaahn USR) dengan VIKI dan komputer, ketika Lawrence mendapatkan kabar dari VIKI bahwa Detektif Spooner mencoba menjebol message Lawrence dan Professor Lanning.
9. interaksi antara Detektif Spooner dengan VIKI, ketika Detektif Spooner meminta VIKI untuk memutarkan video keamanan terakhir pada daerah yang Detektef Spooner minta lalu VIKI menayangkan video tersebut.
Dan masih banyak lagi interaksi antara manusia dengan komputer atau robot di film ini, bahkan tidak hanya interaksi manusia dengan komputer atau robot saja, ada juga interaksi antara robot dengan komputer salah satunya yaitu ketika VIKI memerintahkan Sony untuk tidak menghentikan atau menon-aktifkan dirinya.


Penulisan ini bertujuan untuk penyelesaian tugas kuliah dengan mata kuliah interaksi manusia dan komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar