Photobucket

Jumat, 19 Februari 2010

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI GAMES








SEJARAH PERKEMBANGAN GAME
Perkembangan teknologi sangat berpengaruh terhadap perkembangan game saat ini. Game berarti “hiburan”. Permainan game juga merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan intelektual” (intellectual playability). Sementara kata “game” bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.
Menurut Alan Shiu Ho Kwan (2000), setidaknya ada enam faktor yang melatari seseorang bermain games:
1. adanya tawaran kebebasan
2. keberagaman pilihan,
3. daya tarik elemen-elemen game
4. antarmuka (interface)
5. tantangan
6. aksesibilitasnya.
perkembangan game dari tahun ke tahun semakin lama semakin berkembang.
Pada tahun 1952 A.S. Douglas membuat OXO, game grafis noughts and crosses (nol dan silang), di University of Cambridge untuk mendemonstrasikan tesisnya tentang interaksi komputer dan manusia. Permainan ini bekerja pada komputer besar yang menggunakan CRT display. Bahkan, perangkat game portable genggam yang pertama dibuat adalah Tic Tac Toe di tahun 1952 oleh Waco Company. Sampai sekarang game ini masih populer di internet.
..tic tac toe..

Kalau kita menoleh ke belakang, tahun 1947 dipercaya sebagai tahun pertama di mana game didesain untuk dimainkan dengan layar CRT (cathode ray tube). Game sederhana dirancang oleh Thomas T. Goldsmith Jr. dan Estle Ray Mann.

Aplikasi ini mendapatkan paten tanggal 14 Desember 1948. Sistem yang dibuatnya terdiri dari 8 vacum tubes dan menyimulasikan peluru ditembakkan pada target, terinspirasi dari display radar pada Perang Dunia II. Beberapa knop disediakan untuk mengatur kurva dan kecepatan titik yang mewakili peluru. Karena grafik belum bisa dibuat waktu itu, target penembakan digambar pada sebuah lapisan yang kemudian ditempelkan pada CRT. Diyakini bahwa ini adalah sistem pertama yang secara spesifik didesain untuk game pada layar CRT.
..spacewar..

Banyak yang menyebutkan bahwa penemu video game adalah William Higinbotham. Tahun 1958 menciptakan game Tennis for Two pada osiloskop. Game ini menampilkan lapangan tenis sederhana dipandang dari samping. Bola seakan dipengaruhi oleh gravitasi dan harus melewati net/jaring. Dengan dua kontrol yang masing-masing dilengkapi knop untuk mengarahkan bola dan sebuah tombol untuk memukul bola sampai melewati net.
..Tennis for Two..
Pada tahun 1971, Nolan Bushnell bersama dengan Ted Dabney, menciptakan permainan arcade pertama yg bernama "Computer Space".

Pada tahun 1972 dirilis perangkat video game pertama untuk pasar rumahan, Magnavox Odyssey, dihubungkan dengan televisi.
..odyssey..
Meski tidak sukses besar, perusahaan lain dengan produk yang sama harus membayar lisensi. tetapi, kesuksesan menjemput sejak Atari meluncurkan Pong sebuah video game ping-pong pada 29 November 1972.
..pong..
Berangkat dari sini, video dan komputer game menjadi populer dan hobi baru di saat PC baru saja mulai dikenal dan dipakai secara luas.

Perkembangan game komputer dan video game yang kian memanjakan para pemainnya dengan teknologi-teknologi yahud merupakan poin menarik untuk dicermati. Meski sejarah video game dan game komputer mencakup rentang waktu sekira lima dekade, keduanya meraih popularitas sebagai bagian dari peradaban manusia modern di akhir tahun 1970.

Mistery House, rancangan ibu rumah tangga, Roberta Williams dipercaya sebagai game petualangan pertama dengan grafis pada Apple II. Meski interface untuk input perintah masih berupa teks, ilustrasi grafik hitam putih sebuah rumah bergaya viktoria merupakan gebrakan baru di masa itu. Game ini begitu populer dan mendorong Roberta Williams mendirikan Sierra On-Line bersama suaminya dan terus memproduksi game khususnya petualangan.

Meski baru di pertengahan sampai akhir 1980-an game yang muncul di pasaran hadir dengan fungsi scrolling atau virtual paging, hadirnya produk monitor warna di awal tahun 1980-an membuat para penggila game makin antusias, sehingga perpindahan suasana game dari halaman ke halaman lain menjadi lebih hidup. Suara dan musik pengiring ikut juga menyemarakkan game di era ini melengkapi fungsi multimedia dan interaktif. Tentu banyak yang tahu dengan game watch. Perangkat berukuran mini dan terasa pas di genggaman tangan ini mulai tahun 1980 oleh Nintendo. Kesuksesan LCD genggam ini menciptakan banyak pengikut untuk membuat yang sama dengan mengadopsi game-game populer.

Awal tahun 1980-an juga ditandai dengan hadirnya media penyimpan CD-ROM yang dalam waktu singkat menjadi populer. Era game 3 dimensi (3D) dengan perspektif orang pertama dan multiplayer game mulai muncul di era ini. Suara dan musik semakin berkembang di pertengahan 1980-an seiring dengan hadirnya produk sound card. Jadi, memang terasa bahwa pasar game komputer semakin berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi pendukungnya. Di sisi konsumen, game pun menjadi lebih nyata dan menarik.
Tahun 1986 Sega Master System

Tahun 1989 Nintendo GameBoy



Dengan peningkatan power komputasi dan turunnya cost untuk prosesor seperti Intel 386, 486, dan Motorola 68000, di tahun 1990 perkembangan kemampuan multimedia dengan sound card dan CD-ROM lebih berarti. First Person Shooter adalah sebuah game di mana pemain memegang kontrol secara penuh pada tokoh utama dan dapat berinteraksi langsung dengan sekitarnya.
Pemain berkonsentrasi pada bagaimana memilih senjata berbagai tipe dengan amunisi yang terbatas. Hal itu dilakukan untuk dapat memenangkan games yang sedang dimainkan.
Industri game yang masih berdiri kokoh sampai hari ini memegang dua pasar besar yaitu video game dan game komputer. Dan tak diragukan, game komputer memang lebih banyak item judulnya karena dengan perangkat standar hampir semua game produksi pihak ketiga bisa dimainkan di PC. Sedangkan untuk pasar video game, didominasi oleh pemilik standar, siapa lagi kalau bukan Sony dengan Play Station, Microsoft dengan Xbox 360, dan Nintendo.

Yang menarik, game komputer telah berkembang ke arah Network Multimedia Game, di mana banyak pemain dari lokasi yang saling berjauhan berinteraksi satu sama lain secara real time dalam satu jaringan komputer. Sebut saja misalnya Quake III Arena yang pernah membuat demam kampus sekira tahun 2001 lalu. Contoh lainnya adalah Counter Strike sebuah game 3D multiplayer mengambil tema simulasi taktik pertempuran.
Selama ini orang menganggap bahwa game console seperti Playstation dan XBOX adalah sarana terbaik untuk bermain game, sementara fungsi game di PC hanyalah fungsi tambahan saja. Kebanyakan gamer juga masih menganggap bahwa game console mampu memberikan gambar yang lebih baik ketimbang PC.

Anggapan tersebut bisa saja benar jika PC yang mereka gunakan masih menggunakan videocard kacangan, yang praktis fungsinya tak berbeda jauh dengan PC di kantor camat yang praktis fungsinya hanya untuk mengetik dan internetan saja. Sebenarnya semenjak tahun 2003 (tepatnya di era Geforce 4), perkembangan teknologi videocard untuk PC sudah jauh diatas kemampuan chip grafis yang digunakan oleh game console terbaik saat itu.
Playstation2 dan XBOX (generasi pertama), saat itu memiliki kinerja yang masih dibawah Geforce4 Ti 4200. Memang harus diakui bahwa harga videocard Geforce4 tipe tersebut saat itu masih lebih mahal daripada harga sebuah Playstation2. Hal itulah yang menyebabkan bermain game PC dianggap sebagai hal yang mewah dan dianggap lebih menghabiskan biaya ketimbang bermain game di console.
Empat tahun telah berlalu dan kini game console telah menjelma pula menjadi barang mewah. XBOX telah berevolusi menjadi XBOX 360 yang kini harga jualnya sekitar 4 juta, dan Playstation2 juga telah alih generasi menjadi Playstation 3 yang dibandrol dengan harga 5 juta lebih. Bila dulu harga game console lebih murah daripada sebuah PC biasa, kini harga sebuah game console lebih mahal daripada PC biasa bahkan notebook.

Banyak pecinta game console berpendapat harga tersebut pantas karena mereka mengangggap bahwa XBOX 360 dan Playstation3 adalah sarana bermain game yang memiliki tampilan grafis terbaik saat ini. Ini adalah anggapan yang salah besar, dan ini disebabkan karena para consoole mania tersebut terlaku lama melotot didepan TV bersama game console kesayanganya hingga tidak mengikuti perkembangan teknologi terkini. Hingga detik ini, PC masih tetap merupakan perangkat bermain game gaming yang lebih canggih dibanding game console terbaru sekalipun. Secara logika akal sehat saja, mustahil sebuah PC kalah canggih dibanding game console, karena semua game console diciptakan di PC. Saat ini, teknologi videocard untuk PC lagi-lagi telah jauh diatas kecanggihan teknologi game console terbaru. Seri videocard Geforce yang 4 tahun lalu masih seri ke 4, kini telah memasuki seri ke 8, yaitu Geforce 8800. Geforce 8800 seri termurah, yaitu Geforce 8800GTS 320MB memiliki teknologi & kinerja yang jauh diatas XBOX 360 dan Sony Playstation3. Namun harga videocard tersebut bahkan lebih murah dibanding harga Playstation3 dan XBOX 360.
Sebuah Gaming PC berbasis prosesor terbaru (Core2 Duo) dan menggunakan generasi videocard terkini (Geforce 8800GTS) memang akan menelan biaya nyaris 2X harga XBOX 360, namun Gaming PC tersebut memiliki fungsi yang 7X lebih banyak dibanding sebuah game console. Dan perlu diingat bahwa tampilan game di Gaming PC tersebut jauh lebih baik dibanding di XBOX 360. Fitur, spesifikasi, dan fungsi XBOX 360 masih kalah jauh dibanding Gaming PC

Perbandingan efisiensi energi pada game
Satu cara untuk mengukur “keramahan” video game adalah dengan menentukan efisiensi energi dari masing-masing video game yang populer di pasar hari ini. Ketiga mesin video game tersebut adalah Microsoft X-box 360, Sony Playstation 3, dan Nintendo Wii. Masing-masing daya listrik yang berbeda.
1. X-Box

Microsoft X-box 360, rata-rata mengonsumsi sekitar 177 watt. Masing-masing video game memiliki caranya sendiri, dan 360 ini menarik komunitas gamer karena kepopuleran judul permainan yang digunakan seperti Halo 3, Fable 2, dan Mass Effect yang sangat populer dan hanya tersedia pada alat ini. Microsoft juga adalah pelopor dalam permainan dengan gamer lain melalui hubungan Internet berkecepatan tinggi (hanya tersedia untuk permainan tertentu). Oleh sebab itu, siapa saja yang tertarik menjalani “hidup hijau” dan bermain video game moderen perlu mempertimbangkan efisiensi tenaga dengan fitur panel. 360 juga mempunyai kekurangan dalam hal fitur yang kompatibel atau kemampuan untuk memainkan kebanyakan game X-box yang asli. Oleh sebab itu, apakah 177 watt itu pantas? Baik, mari kita lihat dua sistem lain dan Anda bisa memutuskannya.
2. Playstation

Sony Playstation 3 paling boros energi. Rata-rata mengonsumsi lebih dari 186 watt.
Tetapi, Playstation 3 mempunyai kemampuan untuk memainkan film Blue-Ray. Blue-Ray adalah format film baru yang mendukung video High Definition. Tetapi sangat mungkin untuk menemukan player Blue-Ray lain yang lebih hemat energi. Playstation 3 dapat memainkan game asli Playstation, tetapi model yang lebih baru tidak bisa memainkan game Playstation 2. Sistemnya juga punya beberapa game yang populer seperti 360, contohnya Gears of War and Fallout. Saat ini, Playstation 3 sepertinya tidak punya game baru yang populer dan benar-benar menonjol. Grafis Playstation 3 dan 360 kelihatannya setaraf saat ini. Menurut spesifikasinya, teknologi Playstation 3 memakai prosesor sel yang sangat canggih, mereka mempunyai kemampuan grafis puncak yang paling canggih saat ini. Tetapi, Microsoft sudah menggunakan update grafis pada berbagai gamenya seperti Oblivion, untuk membuatnya tak dapat dibedakan di antara kedua panel.
3. Wii

Yang sulit dipercaya, Nintendo Wii memiliki pemakaian energi paling hemat, dengan rata-rata 17 watt. Kekurangannya, Wii tidak kompatibel dengan panel Nintendo Gamecube sebelumnya. Selain itu, Wii juga mempunyai kemampuan untuk men-download seluruh game dari sistem Nintendo sebelumnya sehingga secara kompatibilitas, Wii adalah paling baik. Wii juga memakai seorang pemakai sebagai interface gerakan sensitif yang inovatif. Dengan kata lain, daripada menggunakan pengontrol panel tradisional di mana seorang pemakai berinteraksi dengan permainan dengan cara menekan tombol-tombol di pengontrol, pemakai Wii memakai pengendali jarak jauh untuk berinteraksi dengan permainan dengan mengikuti gerakan karakter di layar, sehingga membuat Wii sangat populer untuk semua umur. Kekurangan utama Wii adalah grafis dengan skala yang lebih rendah, hampir sama dengan panel game generasi sebelumnya.
4. Komputer rumah

Bagi mereka yang tertarik dengan permainan komputer, banyak komputer dilengkapi dengan penghemat energi. Tetapi, dengan banyaknya komputer di pasaran, memilih komputer yang cocok untuk game bisa menjadi rumit. Jadi jika Anda diwajibkan menggunakan komputer dalam bekerja, membeli komputer hemat energi dan sekali-kali menggunakannya untuk bermain video game adalah bijaksana daripada harus membeli alat elektronik lainnya yang boros energi dan butuh tempat. Tetapi, pilihan game pada komputer tidak sebanyak yang tersedia pada panel video game. Biasanya hanya game yang paling populer tersedia pada komputer.
Pilihan game ramah lingkungan

Selain panel video game utama yang tersedia di pasaran hari ini, Nintendo Wii, yang mengonsumsi energi lebih sedikit, lebih menonjol dari lainnya dan terpilih sebagai video game yang paling ramah lingkungan, selain itu masih dapat digunakan dengan cara yang sangat menarik.
Wii juga menawarkan permainan yang sangat aktif secara fisik bagi mereka yang ingin permainan yang lebih interaktif dengan banyak game yang menyediakan program-program untuk kebugaran tubuh.
Sumber : banyak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar