Photobucket

Minggu, 28 November 2010

Cara Mengobati Insomnia

sumber gambar: google
akhir akhir ini kebiasan banget tidur siang malemnya melek alias gak bisa tidur sampe pagi, huftt bosen juga kaya gini terus cuma gimana lagi susah benget buat bisa tidur malem kayanya, ga percaya? liat aja ni phostingan ika posting jam berapa? wkwkwkk....
jadi ika iseng ngshare nih tentang dan cara ngobatin insomnia semoga aja bermanfaat buat kita kita yang menderita kebiasaan ini..

Insomnia didefinisikan sebagai ketidakmampuan seseorang untuk tidur atau mempertahankan tidur selama beberapa jam. Penyebab insomnia diantaranya : terdapat penyakit, stres, konsumsi  kafein atau alkohol, kecanduan obat, dll .. Jika Anda ingin menyembuhkan insomnia Anda harus  mencoba diet insomnia.
Nutrisi sangat penting terutama dalam pencegahan dan pengobatan insomnia dan sangat penting untuk mendeteksi dan menghindari makanan yang menyebabkan insomnia. Ada beberapa jenis makanan yang membantu mendorong tidur (menyebabkan kantuk), sementara yang lain menghambat itu. Untuk menghilangkan insomina Anda harus makan makanan yang tepat.

Makanan seperti sayuran, sayuran berdaun hijau, biji-bijian (gandum, beras merah) segala jenis jamur, buah,  kemangi merupakan sumber yang kaya karbohidrat kompleks, yang memiliki sedikit efek obat penenang. Karbohidrat meningkatkan sekresi serotonin, neurotransmiter yang menginduksi tidur. Minum segelas susu skim hangat di sore hari, sebelum tidur adalah tindakan yang tepat untuk mengatasi insomnia. Hal ini salah satu solusi insomnia tertua dan paling efektif.  Susu mengandung triptofan yang melalui transformasi biokimia bisa diubah menjadi serotonin, yang mengindukasi tidur (membat mengantuk) dan mencegah bangun lebih awal.

Selain itu, selada memiliki reputasi yang kuat untuk memerangi insomnia. Hal ini karena selada  mengandung zat yang mempunyai struktur yang mirip dengan opiat. Jadi, seladasebaiknya harus menjadi bagian dari makan malam bersama dengan sayuran, kacang-kacangan dan ikan. Semua makanan ini mengandung vitamin B3 atau niacin, yang terlibat dalam sintesis serotonin yang menginduksi rasa ingin tidur yang sehat. Lemon jus bisa menjadi minuman lezat, yang sebenarnya membantu mendorong untuk tidur (kantuk).

Adapun makanan penyebab insomnia dan harus dihindari oleh penderita insombia. Yaitu: kopi, teh, cola, alkohol, nikotin, coklat, makanan pedas, aditif makanan, makanan kaleng, garam dan gula berlebih.

Sensitivitas terhadap makanan/bahan makanan ini bervariasi dari satu orang ke orang lain. Ada orang yang memakan coklattanpa kafein kopi dan tidak bisa tidur. Alkohol, misalnya, adalah zat yang mempengaruhi kualitas dan durasi tidur. Dengan mengkonsumsi alkohol,  adrenalin dilepaskan dan menghambat  pengangkutan triptofan ke otak dan sehingga mengurangi tingkat serotonin. Akibatnya sulit tidur.

Makanan yang kaya protein harus dihindari, terutama pada jam-jam malam hari. Daging merah, ikan tuna atau kalkun, susu, selada dan roti adalah pilihan yang baik untuk makan malam. Sebaliknya, ham, sosis, keju, kentang, bayam, terung, tomat adalah makanan yang mengandung tyramine, yang meningkatkan jumlah noradrenalin disekresi oleh otak (membuat anda slit tidur).

hipoglikemia nokturnal adalah kasus lain yang harus dihindari karena memiliki pengaruh pada kualitas tidur Anda. Bila Anda memiliki tingkat gula darah yang rendah, tubuh melepaskan glukosa dalam aliran darah, mengatur zat yang merangsang otak, yang pada gilirannya membuat Anda sulit untuk tidur. Karena akan terasa lapar terus menerus (perasaan ingin ngemil).

Anda dapat memastikan tingkat gula darah stabil dengan secara bertahap denganmenggantikan karbohidrat olahan dengan yang kompleks. Karbohidrat kompleks memberikan sensasi mengenyangkan untuk jangka waktu lama. Sehingga saat tidur tidak akan terganggu oleh rasa lapar yang tiba-tiba datang. Dengan mengikuti diet insomnia Anda akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mendapatkan tidur malam yang baik.

SUMBER : pengobatan-dan-pencegahan-insomnia-melalui-diet-makanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar