Photobucket

Sabtu, 13 November 2010

MEMBANGUN BISNIS PARSEL

sumber gambar: google
Parsel adalah sebuah bingkisan berisi makanan, minuman dan benda-benda yang umumnya dikirimkan saat hari-hari besar keagamaan seperti Idul Fitri, Natal, dan sebagainya. Biasanya parsel disertai dengan kartu ucapan selamat merayakan hari raya tertentu.
Banyak orang menganggap kalau bisnis ‘Parsel’ adalah bisnis musiman. Baik saat hari raya Idul Fitri , hari Natal maupun Tahun Baru. Memang sih, Anda pasti banyak menjumpai Parsel berjejeran di depan-depan toko pada waktu hari raya tersebut Diluar dugaan Anda, sebenarnya bisnis Bingkisan Parcel khusus ini tak hanya laku keras hanya pada saat-saat tertentu saja. Jika kita mengetahui langkah – langkah dalam berbisnis parsel dengan baik, berikut ini adalah langkah – langkah yang patut kita coba jika ingin sukses dalam bisnis ini:

1. Perencanaan
Pertama tama kita harus merencanakan terlebih dahulu untuk menentukan siapa target pembeli kita, tentukan apa isi dari masing-masing paket pada parsel yang akan dipasarkan, bagaimana cara pengemasannya, dan berapa biaya yang dibutuhkan.

2. Produksi
Dalam pembuatan parsel kita harus mengetahui cara bagaimana menyusun parsel yang baik dan menarik. Ini butuh ketrampilan dan insting yang terasah. Anda bisa membeli buku panduan atau belajar sendiri. Buatlah tampilan parcel semenarik mungkin, usahakan buat jauh lebih beda dan lebih baik dari pasaran yang ada. Padu padankan aneka warna dan aneka assesoris tentunya akan menambah nilai jual. Browsing di internet untuk menambah pengetahuan Anda tentang perkembangan trend parcel terkini. Selain itu kita juga harus mencari sumber barang isi parcel yang bisa Anda beli dengan murah, tetapi tetap memperhatikan kualitas barang.

sumber gambar: google

3. Modal awal
Ini yang sangat harus kita perhatikan dimana modal awal tidak boleh lebih besar dari hasil yang kita dapat. Pada modal awal pastikan memiliki modal yang memadai untuk dapat membeli bahan baku seperti wadah kayu atau rotan, kertas kado, pita warna-warni, selotip, cutter, gunting, lem, wadah plastik dan kaca yang unik. Modal bisa diperoleh dari tabungan sendiri atau gabungan modal dari beberapa orang.

4. Situs yang baik
Cari situs yang baik sebagai contoh untuk referensi anda bagaimana cara membuat tampilan parsel yang menarik dan cara pemasarannya, berikut ini adalah salah satu contoh situs berbisnis parsel yang baik : klik disini

5. Distribusi
Strategi word-of-mouth mungkin terdengar kuno untuk dicoba tetapi terbukti merupakan cara paling murah yang bisa dicoba. Tawarkan parsel buatan Anda pada orang-orang yang sudah dan belum Anda kenal pada saat moment arisan, pengajian bahkan bazaar Ramadhan. Selain itu kita juga bisa memasarkannya melalui selebaran, bisa disebarkan di daerah yang menjadi sasaran penjualan parsel.

6. Keuntungan
Dengan berbisnis parsel ini kita dapat mengambil keuntungannya yaitu profit jelas dengan modal tak terlalu besar meskipun bisnis ini memiliki musim, tetapi jika kita telah memahami langkah-langkah sebelumnya maka bisnis ini tidak lagi jadi bisnis musiman.

7. Motifasi
Bagi Anda yang fokus terhadap usaha parcel, siapkan showroom dengan ruangan kaca untuk mendisplay parcel Anda sehingga menarik minat orang-orang yang melewati toko Anda. Dan semoga dengan adanya usaha ini dapat membuka lapangan kerja sendiri dengan modal yang tidak terlalu besar tetapi memiliki profit yang sangat baik dan jelas.

.:. NB: tugas kuliah Pengantar Bisnis Informatika .:.

SUMBER:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar